Judul Widget

Minggu, 25 November 2012

Penangkal Petir

Menurut wikipedia indonesia Petir, kilat, atau halilintar adalah gejala alam yang biasanya muncul pada musim hujan di saat langit memunculkan kilatan cahaya sesaat yang menyilaukan. Beberapa saat kemudian disusul dengan suara menggelegar yang disebut guruh. Perbedaan waktu kemunculan ini disebabkan adanya perbedaan antara kecepatan suara dan kecepatan cahaya.
Petir biasanya muncul pada saat awan mendung,badai atau saat hujan.


Petir memiliki muatan listrik sebesar 1juta volt/meter,cahaya kilatnya berdaya 10juta lampu dengan daya  100watt.Udara yang dilewati kilatan petir panasnya bisa mencapai 10.000ºC.

Tipe-tipe petir yang disepakati oleh para ilmuan antara lain:
1.Petir dari Awan ke Tanah (cloud-to-ground/CG).
Sebagian besar tipe petir ini berasal dari pusat muatan yang lebih rendah dan mengalirkan muatan negatif ke tanah. Meskipun demikian, petir ini juga bermuatan positif pada musim dingin. Tipe petir ini ditengarai paling berbahaya dan merusak.

2. Petir dalam Awan (intracloud/IC)
Tipe petir ini terjadi jika pusat-pusat muatan berlawanan pada awan yang sama. Tipe petir ini biasanya kelihatan seperti cahaya yang menghambur serta kerlap-kerlip. Kadang-kadang kilat keluar dari batas awan dan seperti saluran yang bercahaya.

3. Petir Antar-awan (intercloud/CC)
Tipe petir ini terjadi di antara pusat-pusat muatan di awan yang berbeda. Pelepasan muatan terjadi pada udara cerah antara awan tersebut.

4. Petir Awan ke Udara (cloud-to-sky/CA)
Tipe petir ini biasanya terjadi jika udara di sekitar awan bermuatan positif berinteraksi dengan udara yang bermuatan negatif. Jika petir itu terjadi pada awan bagian bawah, merupakan kombinasi dengan petir tipe dari awan ke tanah. Petir itu juga tampak seperti jari-jari yang berasal dari awan ke tanah.

Secara umum yang kita ketahui dampak dari sambaran petir ini sangat luar biasa.Bahkan yang selamat dari sambaran petir sendiri merupakan sebuah keajaiban.

Melihat dari bahaya tersebut tergeraklah hati seorang ilmuan untuk menemukan sesuatu alat untuk menangkal petir.Dia adalah Bejamin Franklin.

Tapi dalam hal ini saya ingin menelaah lagi kata PENANGKAL PETIR.
Karena menurut yang saya lihat sendiri kata PENANGKAL ini kurang cocok.
PENANGKAL berarti penahan atau penolak atau membantengi sesuatu.

"Pada perinsip kerjanya Penangkal petir ini tidak bisa menolak sambaran petir,penangkal petir hanya sebagai konduktor dari aliran petir tersebut menghantarkannya ke tanah (ground/massa) yang dapat  meredam ledakan petir diatas tanah atau diudara yang dapat menimbulkan bahaya yang lebih serius,penagkal petir hanya melindungi aliran listrik dan aliran konektivitas lain-lain yang ada digedung-gedung perkantoran atau diperumahan yang bangunannya tinggi agar tidak terkena sambaran langsung".

Karena bangunan-bangunan tinggi atau pohon-pohon tinggi lebih rentan akan sambaran petir.
Cara-cara menghindari sambaran petir sebagai berikut-
-Memakai sandal sepatu yang dalam keadaan kering.
-Hindari berada dipuncak ketinggian.
-Hindari berada didaerah yang lapang.
-Hindari berteduh dibawah pohon.
-Hindari bersentuhan dengan benda-benda konduktor
seperti besi.

Sekian dan terima kasih.

1 komentar:

  1. Terimakasih atas infonya tentang petir, itu sangat bermanfaat.

    BalasHapus